Rabu, 08 Desember 2010

Arung Jeram Sungai Alas di Aceh

Sungai ini terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser dan mengalir ke arah Aceh Selatan. Sungai ini termasuk sungai yang selalu diimpikan untuk diarungi oleh setiap maniak arung jeram. Untuk kategori kesulitannya antara kelas 2-3, dikiri kanan aliran sungai terdapat hutan lebat , sawah atau perkebunan.Di salah satu titik, yakni desa Ketambe,pelaku arum jeram kalau beruntung bisa bertemu dengan orang utan.

Ada beberapa trip yang bisa dipilih. Untuk perjalanan satu hari pengarungan dapat dimulai dari Serkil ke Ketambe atau Natam dekat Kutacane. Jika memang tertarik untuk trip panjang, pangarungan dapat dimulai dari Ketambe ke Gelombang, Aceh Selatan.Jalur ini adalah jalur ekspedisi yang cukup menegangkan sekaligus mengasyikkan, karena melintas hutan tropis selama tiga hari penuh. Di titik-titik perhentian telah disediakan fasilitas pondok-pondok wisata yang dapat digunakan untuk bermalam.

Tempat wisata yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara ini sangat menarik untuk dinikmati dikarenakan panorama alam hutan tropisnya yang indah dan dapat mengunjungi perkampungan rakyat tradisional di sepanjang tepian Sungai Alas. Sungai ini berarus tenang sampai deras dan jeram-jeramnya yang membawa keasyikan tersendiri dan memerlukan keberanian yang tinggi untuk mengarunginya. Dan juga wisatawan dapat menikmati jenis satwa yang turun minum ke tepi sungai seperti primata, rusa, gajah, burung. Jika ingin merasakan sejuk dan jernihnya air sungai, wisatawan diperbolehkan mandi. Info wisata menarik lainnya.




Informasi dan kontak :
Kantor Taman Nasional Gunung Leuser
Jl. Raya Blangkejeren No. 37 Tanah Merah
Km. 3, PO.Box 16. Kutacane
Nangroe Aceh Darussalam
Telp. (0629) 21358
Fax. (0629) 21016

0 komentar:

Posting Komentar

 
informasi tempat wisata di sumatra indonesia